Senin, 09 Juli 2012

Judul: The Invention of Hugo Cabret
Pengarang: Brian Selznick
Alih Bahasa: Marcalais Fransisca
Tahun Terbit: 2012

Tak ada seorangpun warga kota yang sadar akan Hugo. Kehadirannya bagaikan hantu. Menyelusup dan mengamati kehidupan dari sudut kota yang tak terjamah. Hugo menyelinap dari satu bilik ke bilik lain, menyusuri lorong tak terlihat, dan mengendap-endap di bawah temaram lampu stasiun kota. Mencuri demi menyambung hidupnya, karena ia tak boleh disadari kehadirannya. Jika kehadirannya saja tak disadari, tentu tak ada yang sadar pula bahwa Hugo menyimpan sebuah rahasia besar warisan mendiang ayahnya, satu-satunya yang ia miliki setelah seluruh keluarga meninggalkannya. 

 Begitulah kehidupan Hugo, hingga suatu ketika rahasianya terancam terkuak oleh sang kakek pemilik toko mainan saat tertangkap basah sedang mencuri mainan. Anehnya, sang kakek seakan terhubung dengan rahasia tersebut dan berusaha memusnahkan rahasia tersebut. Apa hubungan sebenarnya antara sang kakek dengan rahasia Hugo?
Bukunya unik loh, selain menggunakan kata-kata, penulisnya juga berkisah melalui ilustrasi, guratan pensil yang indah. Salahsatu contohnya adalah gambar di atas :). Sayang tidak didukung konflik yang kompleks dan dalam. Sewaktu selesai membaca buku, ada pertanyaan yang spontan terlintas dalam benak saya, "Cuma segini aja nih?" Nangguung...

0 komentar:

Poskan Komentar