Selasa, 17 September 2013

Shoujo Shoujo Shoujo!!!

Agak lain dari kebiasaan, di postingan ini saya mau bahas shoujo favorit saya, dan dengan bangga saya rekomendasikan untuk semua yang suka shoujo jugaa >.<

*shoujo*shoujo*shoujo*

Buat yang belum familiar dengan istilah shoujo, kita lagi membicarakan sejenis genre manga/ komik jepang yang ditujukan bagi remaja perempuan/ young adult ke atas. Unsur utama dalam ceritanya adalah romantisme, kadang sampe bikin yang baca klepek-klepek. Seringkali nggak realistis juga. Yah khayalan di dunia dongeng gitu, seringkali too good to be true dari berbagai sisi. Kalau kamu memilih genre manga yang dekat dengan realita (dan karena mangaka/pengarangnya orang Jepang, tentu referensi kehidupannya di Jepang pula), bisa pilih genre Josei yang sasaran utama pembacanya para wanita mulai usia 30 tahun ke atas.

Nah, balik lagi ke Soujo. Dari sekian banyak shoujo yang saya baca, ada beberapa kecenderungan yang memperlihatkan bahwa kualitas sebuah manga memang berbanding lurus dengan kualitas mangaka-nya. Jadi kalau kamu sudah suka sebuah manga, lihat siapa sensei yang berada di baliknya dan cari judul lain dengan mangaka yang sama. Pasti kamu suka juga :)

Saya sendiri suka dengan jalan cerita yang berjalan smooth, ada twist cerita tapi ga dramatis banget, dan dengan tokoh yang ngga terlalu ambisius atau agresif. Biasanya kehadiran tokoh yang kaya gitu bikin saya pengen nyakar-nyakar tokohnya dibanding nerusin baca :)). Khusus dari saya, inilah shoujo-shoujo yang sangat berkesan buat saya:



1. W Juliet
Manga buatan Emura ini, tokoh utamanya Ito Miura dan Makoto Amano. Cerita dimulai dengan pindahnya Makoto ke sekolah Ito,termasuk klub drama dimana Ito bergabung. Makoto yang blasteran, cantik, anggun, dengan cepat menarik perhatian anak-anak di sekolahnya. Hingga akhirnya tanpa sengaja Ito menemukan fakta bahwa Makoto sebenarnya cowok! Makoto lari dari rumah karena orangtuanya menghendaki ia menjadi penerus doujo dan menentangnya menekuni dunia drama. Jika sampai lulus SMA Makoto berhasil menyamar menjadi perempuan, maka ayahnya akan melepaskan Makoto. 
Namun ternyata, belum apa-apa sudah ketahuan Ito. Nah, bagaimana kelanjutan kisahnya yaaa?

Poin plus dari komik ini:
+ Tokoh utamanya ngga cengeng. Tomboi, cool personality yet hot-blooded :)
+ Perkembangan hubungan Ito dan Makoto, dari volume 1 sampai 14, aaak so sweet pake banget. Mereka saling mendukung, kalo berantem juga lucu, hihi.
+ Perpaduan keahlian tokohnya dalam drama dan bela diri memberikan latar yang unik dan tidak membosankan.

Others manga by Emura: W Juliet II, Grand Sun, Paradise Union


2. Katakoi Triangle
Ini manga karya Amano Shinobu-sensei (yang saat saya menulis, karyanya Last Game lagi hot-hotnya di mangafox) dan uh, heart-touching banget :3. Unyu-unyu, gemes, dan agak sedih karena selama kisahnya berjalan, semua tokoh disini so sweet, dan sebegitu tegarnya dalam memperjuangkan perasaannya masing-masing. Tiba-tiba di akhir cerita saya menarik kesimpulan bahwa, cinta itu cuma bisa didefinisikan oleh para pejuangnya. Apa hubungannya? Saya juga ga ngerti. Haha
Eh tau-tau saya udah cerita akhirnya aja ya, ceritanya gimana? Haha.
Ide ceritanya sederhana. Seorang cewek komite perpustakaan, Sekiya, suka sama seorang kutu buku yang rutin baca buku di perpus, sampai-sampai jadi stalker. Tapii yang perhatian sama Sekiya malah Kasai, temen deketnya si cowok kutu-buku ini (Yuuki namanya). Yuuki yang jauh lebih perhatian sama Kasai, sadar kalau Kasai suka Sekiya dan mendukung penuh. 
Yang menjadi lucu karena Yuuki is just too dense, dan Kasai yang-meski perhatian (dengan agak ngebully-tapi-unyu terus-terusan) sama Sekiya-ga sadar kalau dia suka sama Sekiya. Di mana cinta segitiga ini akan menemui titik akhir?

Di mana ya?
di hatimu mungkin :3

Other manga by Amano Shinobu: Last Game, Natsu No Karera, Watarai-kun ke no Youkai-san, Wasureyuki


3. Oniichan to Isso / With My Brother

Tokeino Hari mangaka-nya.
Gadis kecil, manis, polos, sebut saja Sakura, tinggal bersama neneknya semenjak kedua orangtuanya meninggal karena kecelakaan. Saat usianya 14 tahun, sang nenek meninggal dunia. Lalu, tiba-tiba saja ada empat orang pria yang mengaku sebagai saudara tirinya. Bagaimana kehidupan Sakura setelahnya? :)
Lucu sekali mengamati interaksi Sakura dengan kakak-kakaknya yang, masing-masing serasa kutub yang berseberangan. Masashi (25), centil dan girly; Takashi (23) yang kalem, Tsuyoshi (19) galak dan meledak-ledak, tapi nurut sama Sakura, dan Takeshi (17) badannya tinggi gede, pendiam, dan polos. Dan tahu-tahu saja Sakura suka Masashi :O. Satu-satunya shoujo yang tokoh ceweknya jatuh cinta ama emm...semi-banci XD.
Eniwei meski secara grafisnya sederhana, tapi jalan cerita dan interaksi antar tokohnya lucu banget :3

4. Mekakushi no Kuni/ Beyong the Blindfold

Shoujo Jadul karya Tsukuba Sakura. Kisah tentang tiga orang remaja yang punya kemampuan melihat lintas waktu.
"Jika di dunia ini ibaratnya semua orang memakai penutup mata, maka penutup mataku terkadang terlepas. Sedang milik Arou sudah sepenuhnya hilang." - Kanade.
Ini tentang kisah keseharian Kanade, Arou, Namiki menangani kemampuannya yang terkadang tak bisa dikontrol itu, ditambah kekonyolan pasangan Eri dan Ezawa. Sweet. dan Arou ganteng luar biasa. 
Saya paling suka episode Kaede demam ;)

Other manga by Tsukuba Sakura: Penguin Revolution

5. Colourful Joker/ Nijiiro Joker
Kisah Asakura Kohime, gadis aktif, enerjik, dan pandai bersulap v.s. Kijima Motonari, si gila eksperimen yang selalu berkutat di laboratorium kimia.

Saya suka sekali karakter Kohime. She's shine bright like a diamond. Saya juga suka cara Kohime menyukai Kijima Motonari. Unyuu :3

Di lain pihak, Motonari suka ketus, tapi unyu sekali saat jealous dan menyatakan rasa sukanya pada Kohime.

Other's Manga from Minami Sachi: Mebius Union

6. Kimi Ni Todoke
Manga karya Shiina Karuho ini juga sudah ada anime dan live action doramanya lho..
Menceritakan seorang gadis (yang kelihatannya) gloomy, Kuronuma Sawako yang kesulitan dalam berteman akibat penampilannya. Sebenarnya dia baik, hanya saja saat berinteraksi dengan teman-temannya ia terlalu gugup hingga ekspresinya malah terlihat menyeramkan. Paduan rambut hitam panjang dan sikapnya yang mencolok membuatnya diingat sebagai Sadako (hantu dalam The Ring). Pada akhirnya, ia menjadi penyendiri, mengagumi orang-orang yang dapat berteman dengan siapa saja di sekolahnya.
Semua mulai berubah membaik saat orang yang dikaguminya, Kazehaya Shouta, mulai mengajaknya berbicara. Karena Kazehaya orang yang populer, caranya berinteraksi dengan Sawako menarik perhatian teman-temannya. Beberapa waktu setelahnya, Sawako mulai berani berinteraksi dengan teman-teman yang lain. Kehidupan di sekolah semakin menyenangkan!

Yaa, mudah ditebak akhirnya Sawako dan Kazehaya akhirnya jadian. Tapi buat saya, mereka itu prosesnya laaaaammbaaat sekalih. Pada chapter sekian puluh, mereka jadian dan reaksi saya adalah: "AKHIRNYAAAA......" saking lama nunggu hahaha. Biar lambat tapi tetap unyu buat saya :3

7. Mademoiselle Butterfly

Ogura Akane ini jenius! Ide ceritanya sebagian besar unik dan chemistry antar tokohnya unyu sekaliii :3. Untuk Mademoiselle Butterfly sendiri kisahnya cukup padat, alur hidup seorang wanita bernama Chouchou dirampungkan dalam dua volume saja. Ngga buang-buang panel, semuanya berarti :3
Yak, Chouchou adalah seorang anak perempuan yang diasuh di rumah geisha (latarnya jaman dulu emang) yang fanatik dengan tetangganya, Chinatsu, lelaki pembuat tattoo. Yak, sudah tertebak. Hidup Chouchou berevolusi mengitari mataharinya, Chinatsu. Namun bagaimana perjalanannya? Dibaca aja. Kamu akan menemukan kisah yang unyuu :3
Manga lainnya dari Ogura Akane: Zettai Heiwa Daikusen, Kanojo ni Naru Hi, Genius House, Dr. Rabbit

8. Hana to Akuma
 by Oto Hisamu

Ada kesamaan dengan Mademoiselle Butterfly, yaitu kehidupan seorang Hana yang berevolusi dengan Vivi sebagai mataharinya. Atau sebaliknya? 
Bedanya, disini Hana adalah manusia biasa dan Vivi seorang vampir. Penulisnya berhasil membuat saya menangis terharu saat akhir cerita. Saking manisnya cerita ini. Viiiiiviiiii <3


9. Horimiya by Hagiwara Daisuke

Tidak semua orang yang kamu lihat di sekolah, akan terlihat sama saat ia di luar.
Hori Kyouko, cantik dan modis di sekolah, ternyata adalah gadis rumahan.
Sebaliknya, tak ada yang menyangka Miyamura, cowok yang terlihat pendiam dan culun di sekolahnya, semata menutupi tattoo dan piercing di sekujur tubuhnya!
Keduanya sama-sama tak ingin rahasianya diketahui. Saat mereka tak sengaja bertemu, lalu apa reaksi mereka? 
Kalau saya jadi mereka, pasti akan aneh sekali rasanya :D
Saya suka karakter keduanya. Juga tokoh-tokoh pendukungnya. Adiknya Hori juga, cute banget :3

10. Ao Haru Ride
Saya pertama kali dengar Sakisaka Io saat teman-teman saya ramai membicarakan karyanya yang berjudul Strobe Edge, tapi karena saya terlalu ketinggalan, akhirnya saya langsung skip ke Ao Haru Ride. Kebetulan saya juga lebih suka tokoh Yoshioka daripada Ninako :)
Yak, Yoshioka Futaba pertama kali bertemu dengan Kou sewaktu SMP. Yoshioka saat itu gadis cantik yang populer, namun tidak terlalu suka dengan cowok. Yah, they're acting like idiots, kata Yoshioka. Tetapi, Tanaka Kou agak berbeda. Perlahan, mereka saling suka. Tetapi sebelum mereka sempat pdkt, Tanaka tiba-tiba saja pindah sekolah. Yoshioka patah hati deeh....
SMA.
Di SMA-nya, Yoshioka bertemu dengan seseorang yang mirip dengan Tanaka. Tetapi, sikapnya berbeda sekali, dan nama keluarganyapun berbeda.
Bagaimanapun, Yoshioka tetap merasa cowok itu ada hubungannya dengan Tanaka....

Yang saya suka, disini Sakisaka-sensei mengembangkan karakter Yoshioka dan Kou dengan saaangat baik. Karena sampai sekarang statusnya masih rilis per chapter, saya tidak bisa memberi gambaran lebih detail lagi. Yang jelas update-nya selalu saya tunggu-tunggu ;)


Yaah sebenarnya masih banyak deretan manga yang saya rekomendasikan untuk dibaca, tapi so far saya memilih kesepuluh manga yang benar-benar saya favoritkan. Kalau kamu sukanya apa?

1 komentar:

Sabrina Hanna Haznatya mengatakan...

Dari semuanya, aku baru baca sampai tamat yang Colorful Joker

Posting Komentar