Sabtu, 28 Januari 2012

2



Judul Buku: 2
Penulis: Donny Dhirgantoro
Penerbit: Grasindo

"Ini bulutangkis, dan Ini Indonesia, di mana impian dibawa ke dunia nyata."

Tertarik dari review seorang teman, akhirnya saya memutuskan untuk membaca buku ini juga. Ya, beberapa bulan sebelumnya saya sudah melihat buku ini terpajang di Gramedia. Namun kesan kurang enjoy saat saya membaca buku pertama bang Donny, 5cm, membuat saya urung menyentuhnya saat itu. Namun ternyata, ketakutan saya tidak menjadi nyata. Justru saya lebih enjoy membaca karya kedua Bang Donny ini.

Buku ini, seperti pula 5cm, mengandung banyak kekuatan luar biasa. Bukan sekedar bulutangkis. Banyak hal, banyak hikmah, banyak semangat dan energi luar biasa yang terkandung dalam buku ini.

Fokus buku ini adalah tokoh Gusni, seorang perempuan remaja, yang memiliki kelebihan sekaligus keterbatasan terbesarnya. Dengan takdir yang kejam untuknya, ia tidak menyerah begitu saja pada hidup. 

"Manusia tidak akan mencapai tingginya langit dan dalamnya samudera jika hidup adalah sempurna, karena hanya seorang pengecut mengharapkan hidup yang sempurna." (Donny D., 322)

Gusni pun tak berjuang sendiri. Papa, Mama, Gita, dan Harry juga memiliki perjuangannya masing-masing. Buku ini memberikan energi pada kita untuk terus berjuang, mengajarkan pada kita untuk hidup dengan impian. Karena tidak ada kerja keras tanpa impian, tidak ada impian tanpa kerja keras. Menyadarkan diri kita sebagai bangsa Indonesia, yang telah banyak berjuang dan jauh dari sempurna, bahwa masih ada jalan yang harus ditempuh, bukan waktunya untuk putus asa.

"Karena hidup tidak pernah selesai sampai di sini."

So worth reading. Akan saya beri sempurna jika saja pembukanya tidak menampilkan humor yang agak dipaksakan. Tapi itu tidak mengganggu kepuasan saya terhadap buku ini.

Yang ga baca, rugi.

0 komentar:

Posting Komentar